Gastroenterohepatology Corner (GHC)

(Pojok Pencernaan & Hati)

5 Jenis Makanan Yang Dapat Mengakibatkan Diare

September, 04 Sep 2017

      Diare merupakan suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, akibat infeksi bakteri, virus, parasit, obat obatan atau bisa diakibatkan oleh konsumsi makanan tertentu maupun gejala dari suatu penyakit lain seperti peradangan pada usus. Beberapa makanan yang berkontribusi menyebabkan diare, makanan apakah itu?

 

  1. Gula dan penggantinya

    Makanan dengan gula yang tinggi dapat mengakibatkan diare, karena masuknya air ke dalam usus akibat konsumsi makanan tinggi gula sehingga feses menjadi cair. Fruktosa merupakan salah satu komponen gula dan juga dapat ditemukan secara alami pada buah- buahan. Berikut beberapa contoh makanan tinggi fruktosa antara lain jus apel, anggur, dan soda. Dikarenakan kemampuan tubuh mencerna fruktosa yang terbatas, maka konsumsi yang melebihi kemampuan penyerapan tubuh (lebih dari 40-80 gram per hari) dapat mengakibatkan diare. Sumber lain menyebutkan bahwa 30-40% manusia mengalami gangguan pada penyerapan fruktosa.

     Sugar alcohols termasuk sorbitol, manitol, xylitol, dan erythritol sering kali digunakan pada pemanis makanan dengan label “sugar free” atau “no-sugar added”, padahal gula jenis ini tidak dapat diserap tubuh dengan baik dan dapat mengakibatkan diare pada beberapa orang terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

 

  1. Kafein

       Kafein dapat mengakibatkan diare dengan menstimulasi dan mempercepat gerakan perpindahan makanan di usus. Tidak hanya pada kopi, kafein dapat ditemukan pada bahan makanan lain seperti coklat, soda, dan teh.

 

  1. Makanan tinggi lemak dan pedas

      Makanan tinggi lemak dan pedas dapat menyebabkan diare akibat tubuh mengalami kesulitan dalam memprosesnya. Meskipun sering kali tidak dicantumkan pada label komposisi makanan, pengganti lemak atau yang dikenal dengan olestra serta merica pedas dapat menyebabkan diare

 

  1. Laktosa

      Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa dimana konsumsi makanan dengan kandungan laktosa dapat memicu terjadinya diare. Laktosa terdapat pada yogurt, kefir, susu, dan keju.

 

  1. FODMAPs

  Konsumsi tinggi Fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides, dan polyols (FODMAPs) seperti pada bawang dan kacang- kacangan dapat menyebabkan diare karena sulit dicerna oleh tubuh.